Bagaimana menjadi guru les profesional?

Profesi guru les / guru privat saat ini merupakan profesi part time yang sangat diminati oleh banyak kalangan. Profesi ini sangat diminati karena waktunya yang fleksibel pada sore / malam hari, dan lokasi pekerjaan yang bisa di dekat rumah. Selain itu, bagi guru les / guru privat yang sudah berpengalaman dan memiliki prestasi tinggi dapat memiliki pemasukan yang jauh lebih besar dari gaji PNS per bulannya.

Tidak sedikit mahasiswa, lulusan S1 maupun S2 dan karyawan yang sudah bekerja masih tetap menjalankan profesi part time sebagai guru les. Entah karena hobi atau tuntutan dapur.

Dengan menjamurnya profesi ini, muncul berbagai pertanyaan tentang bagaimana seorang guru les harus dapat mempertahankan dirinya agar tetap diminta mengajar dan mampu bersaing dengan guru-guru lainnya. Salah satu jawabannya adalah dengan menjadi guru les yang professional. Apa saja yang patut diketahui dan dilaksanakan oleh seorang guru les agar ia dipandang professional? Berikut ini adalah beberapa jawaban dari penulis.

Untuk menjadi guru les professional tidak ada cara yang instan. Butuh ketekunan dan usaha terus-menerus dari dalam diri. Di bawah ini ada 6 poin yang harus diperhatikan oleh seorang guru les dalam rangka berusaha untuk memaksimalkan potensi dalam dirinya menjadi guru les professional.

 (klik untuk penjelasan)
  1. Persiapan mengajar
  2. Banyak membaca dan mencari tahu
  3. Datang tepat waktu
  4. Analisis kebutuhan siswa
  5. Berikan kail, bukan ikannya
  6. Terjun ke dunia nyata
Tagged on:     

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *