Tujuan dari pendidikan adalah menyiapkan siswa untuk menghadapi dunia nyata. Jangan lupakan tujuan ini dan selalu berkutat dengan x dan y dalam matematika atau struktur atom dalam kimia. Sesekali, ajaklah siswa anda untuk mempelajari sejarah awal mula suatu konsep ditemukan.

Sebagai contoh, berikanlah pengetahuan mengenai bagaimana awal mula angka ditemukan, bagaimana konsep bumi mengelilingi matahari diterima oleh para ilmuwan pada zamannya, bagaimana pengorbanan ilmuwan saat menemukan suatu penemuan baru pada zamannya, dsb.

Selain itu, ajaklah siswa anda untuk mengenal kegunaan suatu konsep lebih dalam melalui artikel atau video yang anda temukan. Ajaklah mereka untuk berpikir bagaimana jadinya jika saat ini konsep tersebut belum ditemukan. Begitu banyak kegunaan dari konsep pengetahuan yang saat ini dipelajari di sekolah dan tidak diketahui oleh siswa. Tugas anda adalah membukakan jalan pikiran siswa anda untuk mengenal penerapan dari ilmu pengetahuan yang ia pelajari lebih luas lagi.

Ajak ia berdiskusi dan jangan pernah katakan “salah” atau “tidak” pada saat berdiskusi. Jika memang pendapat yang siswa anda kemukakan kurang tepat, maka sebaiknya anda menggriringnya untuk berpikir dari sudut pandang lain dan biarkan ia berpikir untuk mengetahui bahwa ada banyak pengetahuan di luar sana yang masih belum ia ketahui yang ternyata bertentangan dengan apa yang ia pikirkan. Siswa anda adalah manusia dan memiliki pola pikir yang luar biasa. Anda hanya perlu membimbingnya untuk menjadi pribadi yang memiliki pola pikir luas dan menghargai segala sesuatu yang ia miliki.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *