Salah satu tantangan bagi guru les privat adalah saat siswa meminta guru untuk membantunya mengerjakan tugas ataupun pekerjaan rumah. Seringkali siswa merengek atau meminta agar tugas atau PR nya dikerjakan oleh guru les. Satu hal yang perlu anda ingat, tugas anda adalah membantunya untuk belajar. Jika anda mengerjakan tugas siswa, maka artinya anda lah yang belajar. Selain itu, anda tidak akan selamanya ada di dekat siswa. Siswa harus belajar untuk memecahkan masalah yang ia hadapi secara mandiri.

Lalu apa yang harus anda lakukan?

Bantulah siswa untuk menemukan langkah yang tepat untuk menyelesaikan tugas. Inilah kegunaan anda menganalisis mengenai kesulitan belajar siswa. Jika anda mengenal siswa anda dengan baik, anda akan tahu bagaimana cara membuat siswa anda tertarik untuk mengerjakan tugasnya dan melakukan yang terbaik dalam melakukan tugasnya.

Sebagai contoh, jika siswa anda seseorang yang memiliki gaya belajar auditory dan memiliki tugas Bahasa Indonesia untuk merangkum suatu teks, jangan paksa ia untuk membaca teks panjang yang harus ia temukan maknanya. Pada saat pertama kali, cobalah untuk membacakan teksnya dan mengajaknya merangkum dengan melakukan diskusi. Apakah yang menurutnya penting, dan perlu ia tuliskan di dalam rangkumannya. Untuk kedua kalinya, anda harus meminta siswa anda untuk membacakannya untuk anda dan melakukan diskusi dengan anda. Biarkan ia yang memimpin diskusi. Biarkan siswa anda berpikir sendiri. Tugas anda adalah membimbingnya dan mengarahkannya sesuai dengan materi yang harus dipelajari, bukan membentuk pola pikirnya agar sama dengan pola pikir anda.

Berikan siswa anda kail untuk berpikir dan menangkap ide-ide dalam kolam pemikirannya. Jangan sekali-kali anda berikan ikan berupa ide anda dan pola pikir anda kepada siswa anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *