Profesi guru les merupakan profesi yang tidak mudah karena setiap anak memiliki anugerahnya masing-masing dan tidak sama antara satu dengan lainnya. Seorang guru les harus mampu mendiagnosa apa kesulitan belajar siswa, apa penyebabnya dan bagaimana menyelesaikannya.

Sebagai bekal untuk mampu memahami tentang karakter anak, anda harus sering membaca mengenai psikologi belajar maupun psikologi anak. Pada dasarnya, setiap anak terlahir dengan kelebihannya masing-masing. Sangat tidak adil jika kita mengatakan seorang anak sebagai anak yang bodoh karena kita tidak dapat menyediakan proses belajar yang sesuai dengan kebutuhan dari anak tersebut.

Ingatlah sebuah kata pepatah yang mengatakan, “tidak ada murid yang bodoh, hanya saja dia tidak mendapatkan guru yang tepat”. Jika siswa anda tidak memahami konsep yang anda berikan, bisa jadi bukan murid anda yang bodoh, melainkan metode mengajar anda yang tidak tepat. Anda memiliki dua buah pilihan jika dihadapkan pada situasi dimana siswa anda tidak memahami apa yang anda ajarkan, yang pertama adalah mengganti gurunya dan yang kedua adalah mengubah metode mengajar anda yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa anda.

Terkadang masalah yang muncul adalah masalah yang tidak biasa atau jarang ditemukan oleh guru. Oleh karena itu dibutuhkan komunikasi yang aktif dan positif antara guru les dengan siswa, orangtua siswa dan institusi tempat guru bekerja, sehingga siswa dapat mendapatkan proses pembelajaran yang sesuai dengan gaya belajar maupun kebutuhannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *